Langsung ke konten utama

Belajar java dengan Netbeans

Belajar  java dengan  Netbeans

NetBeans IDE adalah perangkat lunak open source yang di tulis dengan bahasa pemrograman Java. NetBeans IDE digunakan untuk menyesun/menulis kode bahasa pemrograman khususnya Java. Tapi tidak hanya mendukung bahasa pemrograman Java, NetBeans IDE juga mendukung banyak bahasa pemrograman yaitu: HTML/JS, PHP and C/C++ dan lain – lain. 

Tutorial ini hanya dasar-dasarnya saja jadi buat yang udah mahir mungkin ini udah hal yang mudah, tapi ini saya tujukan buat temen2 yang lagi sama2 belajar Netbeans seperi saya ini

Pertama-tama buka program Netbeans kalian
Tampilan awal maka akan seperti gambar dibawah


Lalu pilih New Project (yang gambarnya seperti kotak kuning) kemudian pilih Java => Java Aplikation.
Lihat gambar di bawah .!
dua
Lalu Next
tiga

Berikan nama terserah kalian, saya di sini memberikan nama latihan (tapi disarankan namanya sama, agar tidak bingung saat mengikutinya)

Klik Finish
Maka tampilannya seperti di bawah
empat
Kemudian klik kanan pada packeges latihan, yang kayak kotak kuning itu namanya packages
Klik kanan pilih New => JFrame  From
lima
enam
Kasih nama latihan1 lalu finish
Maka tampilannya akan seperti dibawah
tuju
Langkah kedua(mendesain)
Kita awali latihan kita ini dengan menggunakan  LabelTextFieldButon, dan TextArea
menu
Buat tampilan desain seperti di bawah
gmDesain1
Caranya dengan mengeklik Label pada menu Swing Controls gmLabel
dan menggesernya ke kotak desain, dan ubah namanya menjadi Nama, dengan klik kanan lalu pilih Edit Text.
Dan lakukan cara seperti di atas untuk “Nomer HpAlamat dan Data”
Untuk “ .::DATA TEMAN::.  itu cara nya sama seperti cara di atas hanya menggati font dan ukurannya dengan menu di propertiesgmProperties
Setelah itu untuk Kotak kotak di samping kita menggunakan TextField  dan TextArea
Untuk Nama  kita gunakan  TextField
Caranya klik TextField  pada menu Swing ControlsgmTextField dan geser seperti membuat Label tadi, setelah di letakkan di samping NamagmNama
klik kanan lalu pilih Edit Text dan hapus tulisan yang ada didalamnya.
Dan lakukan cara tersebut untuk membuata kotak input pada Nomer Hp seperti di bawah
gmNomerHp
Lalu untuk Alamat kita gunakan TextArea gmTextArea
caranya seperti membuat Nama dan Nomer Hp di atas.
Selanjutnya untuk tombol Input Data kita gunakan button pada menu Swing Controls gmButtondan ganti namanya dengan nama Input Data.
dan ganti namanya dengan nama Input Data.
Dan yang terakhir yaitu Data, ini sama seperti membuat Alamat yaitu dengan menggunakan TextArea.
Setelah semuanya selesai dan tampilannya menjadi seperti dibawah ini
gmTampilAwal
Langkah selanjutnya adalah memberikan nama variabel
Caranya yaitu dengan klik kanan pada inputan TextField lalu pilih Cange variable name
 gmVariable
dan ganti dengan nama txtNama  gmInNama
lalu ok.
Lakukan cara yang sama seperti di atas untuk memberikan nama variabel “Nomer Hp, Alamat, Input Data, dan Data” dengan ketentuan berikut
Nama        = txtNama
Nomer Hp = txtHp
Alamat      =txaAlamat
Input Data = btnInput
Data          =txaData
Setelah semua sudah di berikan nama variabel langkat terahir adalah memberikan eksen pada tombol input Data atau memberikan perintah script-nya.
Untuk memberikannya klik kanan pada tombol  input Data kemudain pilih Events =>Action=>actionPerformed
gmEvents
Kemudian berikan scipt dibawah
String nama=txtNama.getText();
String Hp=txtHp.getText();
 String alamat=txaAlamat.getText();
 txaData.setText(“Nama  =”+nama+”\n”+”Nomer Hp =”+Hp+”\n”+”Alamat =”+alamat+”\n”);
gambarnya seperti di bawah ini
gmScript
Jangan lupa di simpan kalo sudah
Dan untuk menjalankannaya kita tekan saja tombol Shift+f6 atau juga bisa menggunakan menu  Run
= > Run File
gmRUn

Semoga bermanfaat....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma Menyeberangkan Kambing, Serigala, dan Sayur

Algoritma Menyeberangkan Kambing, Serigala, dan Sayur Kebetulan tulisan saya kali ini tentang soal algoritma dari kampus. Soalnya tentang cara menyebrangkan kambing, serigala, dan sayur dari sebuah pulau menuju pulau yang lain.  Jadi soalnya seperti ini : Ada seorang petani yang membawa seekor kambing, seekor serigala, dan sekeranjang sayur. Mereka berada di tepi sebuah pulau dan ingin menyebrang ke pulau seberang. Di tepi pulau itu hanya ada sebuah perahu yang cukup untuk dua penumpang. Dengan catatan lain, bahwa kambing tidak boleh ditinggal berdua dengan serigala tanpa adanya pemuda karena serigala akan memakan kambing, kemudian kambing tidak boleh ditinggal bersama sayur, karena kambing akan memakan sayurnya. Kemudian, yang bisa menggunakan perahu hanyalah petani. Bagaimana caranya agar mereka semua bisa menyebrang ke pulau seberang dengan utuh? Langkah Pertama pindahkan Domba terlebih dahulu kesebrang, karena Serigala tidak makan Sayuran. Langkah Kedua, kesebran...

Penggunaan Menu Bar Pada Java Netbeans

Contoh program untuk membuat Menu Bar Java Netbeans 1. Pilih  New  Pada project >  Jframe Form 2. Pada Palette (disebelah kanan) bagian  Swing Menus , pilih Menu Bar kemudian letakan pada Jframe(form). 3. Jika sukses , maka pada  Navigator  akan muncul JmenuBar1 4. Tambahkan menu item dengan cara, Klik kanan pada Jmenu yang diinginkan, pilih  Add Form Palette  kemudian  Menu Item 5. Pada menu item, lakukan penggantian nama sesuai keinginan 6.   Apabila dalam menu tersebut memiliki shortcut tambahkan shortcut-nya dengan klik pada area dekat menu open seperti gambar berikut  7. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lakukan setting shortcut yang diinginkan pada  Virtual Key 8. Apabila ingin menambahkan menu item yang lain,tambahkan pallet separator terlebih dahulu,dengan klik kanan pada Jmenu, pilih  Add From Pallette  kemudian pilih  Menu Item...

Algoritma Pemrograman Sederhana Dengan Menggunakan C++

    1.  Menentukan bilangan ganjil atau genap int bil;    cout<<"Masukan bilangan : ";    cin>>bil;    if(bil%2==0)    cout<<"Ini Bilangan Genap";    else    cout<<"Ini Bilangan Ganjil";       2.  Menentukan bilangan Dari 1 Sampai 10 int x;     cout<<"Menentukan Bilangan Dari 1 Sampai 10 :  ";     for(x=1;x<=10;x++)     {cout<<x;     cout<<" ";}    3. Program menghitung luas persegi panjang int p,l;    cout<<"Masukan Nilai Panjang :   ";    cin>>p;    cout<<"Masukan Nilai Lebar   :   ";    cin>>l;  ...