Langsung ke konten utama

Algoritma Menyeberangkan Kambing, Serigala, dan Sayur

Algoritma Menyeberangkan Kambing, Serigala, dan Sayur


Kebetulan tulisan saya kali ini tentang soal algoritma dari kampus. Soalnya tentang cara menyebrangkan kambing, serigala, dan sayur dari sebuah pulau menuju pulau yang lain. 
Jadi soalnya seperti ini :
Ada seorang petani yang membawa seekor kambing, seekor serigala, dan sekeranjang sayur. Mereka berada di tepi sebuah pulau dan ingin menyebrang ke pulau seberang. Di tepi pulau itu hanya ada sebuah perahu yang cukup untuk dua penumpang. Dengan catatan lain, bahwa kambing tidak boleh ditinggal berdua dengan serigala tanpa adanya pemuda karena serigala akan memakan kambing, kemudian kambing tidak boleh ditinggal bersama sayur, karena kambing akan memakan sayurnya. Kemudian, yang bisa menggunakan perahu hanyalah petani. Bagaimana caranya agar mereka semua bisa menyebrang ke pulau seberang dengan utuh?
    1. Langkah Pertama pindahkan Domba terlebih dahulu kesebrang, karena Serigala tidak makan Sayuran.
    2. Langkah Kedua, kesebrang lagi untuk mengambil Serigala. taruh Serigala disebrang lalu kita ambil lagi Domba yang sudah kita taruh disebrang agar serigala tidak memakan Domba ketika kita tinggalkan, jadi harus kita bawa lagi.
    3. Untuk langkah Ketiga ini kita bawa Domba lagi dari seberang, taruh, lalu kita membawa Sayurannya lagi agar Domba tersebut tidak memakan Sayuran.
    4. Langkah Keempat kita membawa Sayuran kesebrang. perlu diingat bahwa Serigala tidak makan Sayuran, jadi biarpun kita tinggal aman – aman saja.
    5. Langkah Kelima kesebrang lagi untuk membawa Domba kesebrang
    6. Dan langkah Terakhir kita bawa Domba kesebrang, lalu taruh. akhirnya kita menyelesaikan game tersebut dengan mudah.
Selesai, mereka telah menyeberang sampai pulau seberang. Jadi untuk menyelesaikan Game ini kita membutuhkan 6 step untuk menyelamatkan semua agar tidak termakan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Menu Bar Pada Java Netbeans

Contoh program untuk membuat Menu Bar Java Netbeans 1. Pilih  New  Pada project >  Jframe Form 2. Pada Palette (disebelah kanan) bagian  Swing Menus , pilih Menu Bar kemudian letakan pada Jframe(form). 3. Jika sukses , maka pada  Navigator  akan muncul JmenuBar1 4. Tambahkan menu item dengan cara, Klik kanan pada Jmenu yang diinginkan, pilih  Add Form Palette  kemudian  Menu Item 5. Pada menu item, lakukan penggantian nama sesuai keinginan 6.   Apabila dalam menu tersebut memiliki shortcut tambahkan shortcut-nya dengan klik pada area dekat menu open seperti gambar berikut  7. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lakukan setting shortcut yang diinginkan pada  Virtual Key 8. Apabila ingin menambahkan menu item yang lain,tambahkan pallet separator terlebih dahulu,dengan klik kanan pada Jmenu, pilih  Add From Pallette  kemudian pilih  Menu Item...

Desain Konseptual

Desain Konseptual dimana harus memenuhi beberapa kriteria Data dalam system : pegawai, prodak( antar jemput, pengiriman barang, cleaning), Pelanggan.  Dalam system usernya : pengguna, pegawai ( driver, pelayana, ada staff). User mendaftarkan diri menggunakan no hp & mengisi biodata Pegawai di daftarkan oleh pegawai lain dengan mengisi no hp dan biodata Proses bisnis : user memilih prodak, setiap prodak memiliki harga yang berbeda. Output : mengetahui transaksi penggunaan jasa/ pembelian prodak.  berikut desain konseptual dan logicalnya