Langsung ke konten utama

Sejarah Komputer

PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Computare yang berarti hitung atau menghitung. Pada awalnya kata ''komputer'' itu sendiri dipakai untuk menggambarkan orang yang melakukan pekerjaan perhitungan aritmetika, tapi kemudian kata ''komputer'' ini dipindahkan kepada mesin atau alat hitung. Secara singkat Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.
Dalam perkembangannya saat ini, komputer dibagi dalam 5 generasi, berikut ulasan tentang sejarah komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima.

1. GENERASI PERTAMA


    Gambar di atas merupakan gambar dari komputer generasi pertama, seperti itulah bentuk komputer pada generasi pertama. Satu sistem komputer pada generasi pertama membutuhkan space satu ruangan yang cukup besar. Selain membutuhkan space yang besar, komputer generasi pertama juga membutuhkan daya yang sangat besar untuk penggunaannya. Komputer elektronik generasi pertama yang pertama kali diciptakan adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) pada 15 Februari 1946. ENIAC dirancang oleh dua orang profesor Universitas Pennsylvania yakni John Presper Eckert dan John W.Mauchly dan tercipta atas kerja sama yang dilakukan pihak pemerintah Amerika Serikat  dengan Universitas Pennsylvania.
     Kemudian pada pertengahan tahun 1940-an, seorang pakar matematik bernama John Von Neumann bergabung dengan tim Universitas Pennsylvania untuk membangun konsep desain komputer yang masih bisa dipakai untuk 40 tahun kedepan. John Von Neumann berhasil mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan terobosan utamanya yakni sebuah memori yang digunakan untuk menampung baik program maupun data. Dengan adanya memori ini memungkinkan komputer untuk berhenti sesaat dan melanjutkan pekerjaannya kembali tanpa kehilangan data ataupun program tertentu.
     Selanjutnya pada tahun 1951, terciptalah komputer komersial pertama yang dibuat oleh Remington Rand dengan memanfaatkan model arsitektur hasil karya John Von Neumann. Komputer ini dikenal dengan nama Universal Automatic Computer I (UNIVAC I).

2. GENERASI KEDUA


   Ditemukannya transistor pada tahun 1948 membawa perubahan di berbagai alat elektronik seperti televisi, radio dan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum yang sebelumnya digunakan pada alat-alat elektronik tersebut. Dengan digantinya tabung vakum menjadi transistor membuat ukuran alat elektronik terutama komputer menjadi lebih kecil . Transistor mulai digunakan di komputer pada tahun 1956. Selain munculnya transistor, komputer generasi kedua ditandai dengan penemuan lain yang mengembangkan memori inti-magnetik , penemuan ini juga yang membuat komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih bisa diandalkan dibanding komputer generasi pertama serta lebih hemat energi karena tidak membutuhkan daya sebesar komputer pada generasi pertama.

3. GENERASI KETIGA


      Komputer generasi ketiga ditandai dengan munculnya IC (Integrated Circuit) yang menggantikan peran transistor. Dasar diciptakannya IC adalah karena transistor menghasilkan panas yang sangat besar dan hal itu dapat merusak bagian-bagian internal komputer. IC dikembangkan oleh seorang insinyur di Texas Instrument yang bernama Jack Kilby. Pada awal ditemukan dan diciptakan, IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik kedalam satu piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. 
     Kemudian para ilmuwan berhasil mengembangkan sehingga IC dapat mengkombinasikan lebih banyak komponen-komponen elektronik di dalamnya. Hal ini lah yang membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil lagi karena komponen-komponen komputer dipadatkan kedalam IC. Di generasi ketiga ini pula mulai ditemukan Operating System (OS) yang membuat komputer bisa melalukan beberapa tugas berbeda dalam waktu bersamaan atau dikenal dengan sebutan multi-tasking. Contoh komputer yang muncul di generasi ketiga ini diantaranya adalah IBM/30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108, GE 600.

4. GENERASI KEEMPAT


     Setelah ditemukannya IC pada generasi komputer ketiga,  inovasi selanjutnya yang ditemukan di generasi keempat adalah Large Scale Integration (LSI) . LSI itu sendiri merupakan gabungan atau penyatuan beribu-ribu IC pada suatu kepingan yang biasa disebut juga dengan sebutan CHIP. Adapun conth-contoh komputer yang lahir pada generasi keempat yaitu IBM 370, Apple I, Aplle II, dan juga Vizicalc Altair. Komputer-komputer tersebut sudah menggunakan processor 8080 yang dikenalkan oleh perusahaan Intel pada tahun 1974. 
     Dengan pemadatan IC kedalam suatu CHIP, yang IC itu sendiri merupakan gabungan dari komponen-komponen elektronik, semakin memperkecil ukuran dari satu komputer yang ada di generasi keempat. Perkembangan komputer yang sedemikian rupa ini, membuat semakin banyak orang yang mulai menggunakan komputer. Tidak hanya untuk urusan bisnis, di generasi keempat ini komputer sudah mulai digunakan masyarakat umum untuk berbagai urusan seperti pendidikan dan lain sebagainya.Dan di generasi keempat ini pula mulai muncul lah produsen-produsen komputer yang menawarkan komputer ke masyarakat luas. Komputer-komputer yang kita pakai saat ini merupakan komputer generasi keempat dengan segala perkembangan-perkembangannya baik dalam segi fisik, fungsi serta efisiensi dibanding komputer-komputer pada awal generasi keempat.

Mendefinisikan komputer generasi kelima cukup sulit karena Saat ini, generasi komputer kelima masih dalam tahap perancangan atau dengan kata lain generasi komputer kelima ini adalah proyeksi komputer di masa depan. Jepang adalah negara yang terkenal paling 'ngotot' untuk menciptakan komputer generasi kelima ini. Ada satu lembaga khusu bernama ICOT (Institute For New Computer Technology) yang dibentuk untuk mewujudkan komputer generasi kelima ini. Untuk generasi kelima ini, komputer kedepannya diharapkan mampu untuk melakukan interaksi dengan manusia, interaksi yang dimaksud di sini adalah berkomunikasi dengan manusia dan mampu menerima masukan visual dari manusia.
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma Menyeberangkan Kambing, Serigala, dan Sayur

Algoritma Menyeberangkan Kambing, Serigala, dan Sayur Kebetulan tulisan saya kali ini tentang soal algoritma dari kampus. Soalnya tentang cara menyebrangkan kambing, serigala, dan sayur dari sebuah pulau menuju pulau yang lain.  Jadi soalnya seperti ini : Ada seorang petani yang membawa seekor kambing, seekor serigala, dan sekeranjang sayur. Mereka berada di tepi sebuah pulau dan ingin menyebrang ke pulau seberang. Di tepi pulau itu hanya ada sebuah perahu yang cukup untuk dua penumpang. Dengan catatan lain, bahwa kambing tidak boleh ditinggal berdua dengan serigala tanpa adanya pemuda karena serigala akan memakan kambing, kemudian kambing tidak boleh ditinggal bersama sayur, karena kambing akan memakan sayurnya. Kemudian, yang bisa menggunakan perahu hanyalah petani. Bagaimana caranya agar mereka semua bisa menyebrang ke pulau seberang dengan utuh? Langkah Pertama pindahkan Domba terlebih dahulu kesebrang, karena Serigala tidak makan Sayuran. Langkah Kedua, kesebran...

Penggunaan Menu Bar Pada Java Netbeans

Contoh program untuk membuat Menu Bar Java Netbeans 1. Pilih  New  Pada project >  Jframe Form 2. Pada Palette (disebelah kanan) bagian  Swing Menus , pilih Menu Bar kemudian letakan pada Jframe(form). 3. Jika sukses , maka pada  Navigator  akan muncul JmenuBar1 4. Tambahkan menu item dengan cara, Klik kanan pada Jmenu yang diinginkan, pilih  Add Form Palette  kemudian  Menu Item 5. Pada menu item, lakukan penggantian nama sesuai keinginan 6.   Apabila dalam menu tersebut memiliki shortcut tambahkan shortcut-nya dengan klik pada area dekat menu open seperti gambar berikut  7. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lakukan setting shortcut yang diinginkan pada  Virtual Key 8. Apabila ingin menambahkan menu item yang lain,tambahkan pallet separator terlebih dahulu,dengan klik kanan pada Jmenu, pilih  Add From Pallette  kemudian pilih  Menu Item...

Desain Konseptual

Desain Konseptual dimana harus memenuhi beberapa kriteria Data dalam system : pegawai, prodak( antar jemput, pengiriman barang, cleaning), Pelanggan.  Dalam system usernya : pengguna, pegawai ( driver, pelayana, ada staff). User mendaftarkan diri menggunakan no hp & mengisi biodata Pegawai di daftarkan oleh pegawai lain dengan mengisi no hp dan biodata Proses bisnis : user memilih prodak, setiap prodak memiliki harga yang berbeda. Output : mengetahui transaksi penggunaan jasa/ pembelian prodak.  berikut desain konseptual dan logicalnya